Urusan Pajak, dan Konsultan Akunting

Silahkan Kunjungi Situs Kami di www.bristoltaxservice.com

Jumat, 15 Februari 2008


SEJARAH SINGKAT GEREJA CIKAMPEK


Cikampek adalah daerah yang memiliki letak geografis yang cukup strategis oleh karena berada pada persimpangan menuju Bandung dan Cirebon bilamana kita datang dari Jakarta. Namun sampai tahun 2000 belum ada Gereja atau Cab SS maupun Perkumpulan yang terdapat disana.

Pada bulan januari 2001 keluarga P. Nainggolan pindah dari asrama Kodim 0505 Cililitan dan tinggal di Perum. BIP Mahkota Cikampek. Beberapa bulan kemudian keluarga ini bertemu dengan beberapa keluarga yang juga tinggal di Cikampek dan tidak jauh dari rumah bpk. P. Nainggolan yaitu Kel. E. Pardede, kel. Riyanto, kel. TP Sianturi, kel. G Simbolon. Inilah awal terbentuknya Perkumpulan di Cikampek yang kemudian menjadi Cab. SS Jemaat Cakung oleh karena bpk. E. Pardede adalah anggota jemaat Cakung maka ia mengusulkan agar mereka berinduk ke jemaat Cakung dan yang menjadi gembala di jemaat Cakung pada saat itu adalah Pdt. H. Situmorang.

Dalam kurun waktu kurang lebih satu tahun Cab. SS ini bertumbuh dalam jumlah keanggotaan baik melalui baptisan maupun bergabungnya beberapa keluarga Advent yang tinggal di Cikampek. Pada bulan Mei 2002 jemaat Cakung mendapat dana curch planting dari Konferens DKI Jakarta dan dana inilah yang kemudian digunakan untuk membeli dua unit rumah yang terletak di Perum. BIP Mahkota DC 10 No 4&5.

Januari 2003 Pdt. H. Situmorang pindah tugas dari jemaat Cakung dan digantikan oleh Pdt. A. Manurung. Bangunan dua unit rumah itu kurang memungkinkan untuk ditempati sebagai tempat berbakti karena masih dalam bentuk rumah. Jemaat Cakung bersama Pdt. A. Manurung pun mencari dana untuk membangun dua unit rumah itu menjadi bentuk bangunan gereja. Puji Tuhan dana itupun dapat dari keluarga yang dermawan yaitu keluarga bapak Max Makaindah dan dibangunlah gereja yang berukuran sederhana.

Pada tgl 10 Juni 2005 Konferens DKI Jakarta menugaskan Pdtm. Sahat Simbolon untuk melayani di Cab. SS Cikampek. Kehadiran Pdtm. Sahat Simbolon ini membuat anggota Cab. SS Cikampek lebih bersemangat lagi untuk lebih maju dan lebih setia dalam pekerjaan Tuhan dan puji Tuhan Cab. SS ini bertumbuh dalam kualitas dan kuantitas, sekarang anggota baptis di Cikampek sudah berjumlah 34 jiwa. Namun cabang ini tidak berjalan mulus dalam melakukan pekerjaan Tuhan. Setan melalui agen-agennya manusia berusaha untuk melenyapkan Cab. SS ini. Ada empat kali gereja ini di demo oleh warga mayoritas sehingga Cab. SS ini harus berpindah-pindah dari rumah ke rumah untuk berbakti.

Pada bulan januari 2007 Pdt. A. Manurung pindah tugas dan digantikan oleh Pdt. A. Sagala. Dalam awal pelayanan Pdt. A. Sagala tepatnya pada hari Sabat tgl 31 maret 2007 ketika Perjamuan Kudus sedang berlangsung warga mayoritas datang mendemo gereja itu tetapi puji Tuhan mereka tidak sampai berbuat anarkis. Pdt. A. Sagala pun memberikan dorongan dan semangat supaya anggota jemaat tidak tawar hati namun justru harus lebih bersemangat dan bertekun dalam doa kepada Tuhan.

Doa dan Pelayanan Masyarakat (Pelmas) pun semakin ditingkatkan oleh jemaat Cakung khususnya jemaat Cikampek bersama Pdt. A. Sagala dan Pdtm. S. Simbolon dan percaya terhadap Firman Tuhan yang berkata: “Tidakkah Allah akan membenarkan orang-orang pilihan-Nya yang siang malam berseru kepada-Nya? Dan adakah Ia mengulur-ulur waktu sebelum menolong mereka?” (Lukas 18:7). Firman Tuhan ini begitu nyata kepada anggota jemaat Cikampek melalui pertolongan Tuhan dan pemberian sumbangan berupa 50 unit kursi dan sumbangan dana untuk acara HUT RI, juga keterlibatan Pdtm.Sahat Simbolon sebagai anggota panitia HUT RI 17 Agustus 2007 Perum. BIP Mahkota Rt 01/14 (lingkungan gereja) ditambah partisipasi isteri Pdtm. S. Simbolon dalam acara HUT RI tersebut, kini gereja itu sudah boleh digunakan kembali bahkan acara PA yang sempat terhenti sekarang sudah di aktifkan kembali. Kami percaya untuk seterusnya jemaat Cikampek ini tidak akan pernah di demo lagi dan pekerjaan Tuhan akan semakin maju di Cikampek.

Berkat Tuhan itu semakin sempurna oleh karena Cab. SS ini akan di organisir menjadi satu jemaat pada tgl 25 Nopember 2007 dan tentu setan tidak akan tinggal diam ia pasti akan meningkatkan serangannya untuk menghalang-halangi pekerjaan Tuhan tetapi kita percaya bahwa Tuhan lebih berkuasa dan Dia akan melindungi setiap umat-Nya yang setia melakukan pekerjaan-Nya sebab Ia berkata: “dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." (Matius 28:20).

Dukungan doa dan moral serta moril saudara/i sangat kami harapkan oleh karena kami masih akan membeli satu bangunan rumah lagi demi perkembangan dan kemajuan jemaat ini. Harapan dan tujuan kami adalah kiranya pekerjaan Tuhan di Cikampek cepat berkembang.

Bersama ini kami juga menyampaikan terima kasih banyak kepada seluruh pimpinan kami di Konferens DKI Jakarta, Jemaat Cakung, dan semua Pendeta-pendeta yang pernah melayani di jemaat Cakung dan SS cabang Cikampek serta kepada seluruh donator yang sudah membantu kami. Tuhan memberkati keluarga, pelayanan dan pekerjaan saudara/i adalah doa dan harapan kami.


Oleh: Pdtm. Sahat R. Simboon

Sumber: Pordinan Nainggolon

Kordinator SS Cab Cikampek


Tidak ada komentar: